This user has not filled out their profile yet.

Polldaddy
Check out Polldaddy, the most easy-to-use survey software around. Start creating beautiful online surveys today.

Create an Online Survey

Bolehkah Gereja di Papua Mendukung Gerakan Separatisme?

Posted 6 years.

24 Comments

  • Roy Atjeh Geuthee Nan - 4 weeks ago

    Semua bangsa berhak menuntut pisah dari induknya apabila terus di khianati,semua suku di papua hrus mendukung OPM,
    dan tdk boleh pilih kasih jika papua merdeka
    Atjeh Insya Allah hampir

  • Chris - 1 year ago

    Siapa yg kasih makan indonesia? Kalau kita kerja dapat makan. Bisakah orang malas kasih makan org rajin. Kalau bahasanya: Tanah papua ciptaan TUHAN yg kaya memberikan berkat kpada indonesia mungkin benar. Jadi bahasa kasarnny: TUHAN kasih makan indonesia lewat tanah papua. Itu yg benar!

  • julius - 2 years ago

    GEREJA TIdak boleh ikut2an orang2 yg ingin mengacau keamanan papua, gereja yg mendukung se paratis berarti gereja tidak menghendaki adanya ketentraman di papua

  • Panjaitan - 2 years ago

    Ada beberapa gelintir orang papua yg tidak ingin bersatu dengan nkri tapi ingin merdeka dengan di bantu australia dan ingin di kuasai australia, kalau sudah di kuasai australia apa yg akan tterjadi orang2 papua akan di habisi bule nyasar itu seperti suku aborigin

  • nilus - 2 years ago

    Punya indonesia/nusantara yg serba nomer satu di dunia kok pilih papua, yg bener aja. Anggota opm dan separatis di papua merupakan kaki tangan asing yg ingin papua selalu konflik, jika papua selalu konflik maka kesejah teraan tidak akan tercapai, itulah yg di inginkan OPM /separatis. Perlu di ketahui indonesia merupakan negara paling istimewa di dunia, dengan 18.000 pulau pulau, 800 bahasa daerah dangsan 1000 suku bangsa, apa ndak bangga jadi warga negara indonesia ?? hanya orang dungu yg tidak tau kalau negara nya adalah negara besar. Saya dari FAKFAK papua selalu bangga jadi warga negara indonesia, OPM no, NKRI yes

  • Tuan Tanah Papua - 3 years ago

    Israel tidak pernah mengenal dosa ketika dia belum merebut tanah suci dari negara lain. kita tahu bahwa israel yang adalah negara pilihan Tuhan dimana nabi2 lahir dari israel, penemu dan penulis terkenal lahir dari israel dan Tuhan yesus pun lahir dan keluar dari israel kok mereka masih serang palestina? tentunya israel ada didunia dan akan bebas ketika yerusalem dipalestina direbut dan israel rebut tanah suci bagi dinegara tetangganya. dengan demikian gereja dipapua bukan ada disorga tapi gereja ada didunia (Bumi) maka itu gereja boleh bekerja untuk menyelamat umat manusia ditanah papua.
    BOLEH MENDUKUNG.....!

    Kita bukan ada disorga tapi kita ada dibumi (dunia ) maka itu tidak ada dosa sementara manusia laen belum bebas sebagai manusia utuh diatas negrinya sendiri. mari kita habisi semua orang luar (pendatang) ditanah papua.

    siap habisi selagi kami masih ada dan kami belum bebas.

  • Johanes Tridarma - 3 years ago

    mohon maaf nge.. kalo saya boleh komentar bahwa Kata separatis dan memperjuangan kebebasan adalah sangat beda. dipapua tidak ada namanya separatis tapi OPMlah ada. yang jelas bahwa OPM misinya membebaskan orang menuju kebebasan seutuhnya sebagai suatu bangsa. sama hal juga dengan gereja, dimana gereja hadir tidak hanya kotbah digereja tapi dia harus kerja nyata untuk membebaskan umatnya. dengan demikian tidak salah kalo gereja mendukung OPM bukan separatis. mks.

    salam pembebasan
    Yohanes Tridarma saputra

  • didimus - 3 years ago

    Demi kemanusian dan tanggung jawab Moral Gereja mempunyai kewajiban untuk Mendukung Separatisme di Papua sebagai Gembala umat. Karena seorang gembala tidak bisa tinggal diam kalau umatnya sedang mengalami kekerasan dan ketidakadilan. Memang ada anggapan bahwa Gereja jangan ikut kegiatan politik praktis, namun Gereja tidak bisa menutup diri atas penderitaan umat dengan konsep ini, sebab gereja ada karena umat.

  • eric ordeck - 3 years ago

    om Noakh klw yg berjuang itu, binatang, untuk sementara tak mungkin gereja mendukungnya. saat nya juga pasti Tuhan bertanya kenapa kamu kumpulan orang kudus tak mendoakan anak2 saya.! binatang2 Saya.!
    tapi saya kita mereka juga Umat.! tentang apa yg mereka lakukan menurut orang lain itu SALAH. menurut saya selagi ada matahari dan kita masih terima panas, siang dan malam. kita tidak BERHAK mengatakan orang lain SALAH> ( ingat itu baik ) KITA TIDAK BERHAK MENDAHULUI TUHAN, UNTUK MENGATAKAN ORANG LAIN SALAH, karena kita semua akan di HAKIMI sendiri oleh TUHAN.!
    mereka pejuang kemerdekaan wajib di lindungi.!

  • Noakh Nawipa - 3 years ago

    Pertanyaan yang diajukan di sini adalah pertanyaan yang kurang bijak dan berat sebelah. Mengapa? Yang bertanya itu sudah mempunyai asumsi yg tidak bisa terbantahkan dan tentu sudah ada jawabannya. Pertnyaan itu juga bisa menjebak orang yang menjawab dengan jawaban yang dimilikinya sehingga memancing emosi kedua belah pihak. Karena jawaban yang dicarinya hanya ada dua, yakni gereja boleh mendukung atau gereja tidak boleh mendukung. Jika yang menjawab: "gereja boleh mendukung" maka konsekwensinya ialah bahwa orang yang bertanya itu otomatis menjadi musuh gereja karena gereja dianggap melawan NKRI. Tetapi kalau jawabannya "gereja tidak boleh mendukung" berarti yang bertanya itu mendapat legitimasi dari gereja bahwa sebagian umat yang adalah warga gereja dilarang mendukung kelompok yang dinamakan separatisme oleh yang membuat pertanyaan atau dengan kata lain umat itu diijinkan Gereja untuk bisa dituntut atau bahkan dihabisi. Selanjutnya kata yang dipakai di sini sehubungan dengan "gerakan sepatatisme" belum begitu jelas. Apakah "gerakan separatisme" itu sama dengan "gerakan masyarakat menuntut hak kebebasan, hak mendapat kesejahteraan, hak kemerdekaan utk mengeluarkan pendapat, atau hak kebebasan berkumpul, atau hak kemerdekaan politik, hak menentukan masa depan sendiri sebagai hak segala bangsa?" Banyak nama yang sudah dipakai untuk menyebut kelompok di Papua, selain kelompok separatisme, misalnya "kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompok Gerakan Pengacau Keamanan (GPK), Kelompok Teorisme, dll. Terlepas dari semua ini, Gereja ada di Papua untuk semua kelompok karena Gereja hadir untuk menyelamatkan semua manusia berdosa supaya bertobat dari kejahatan kemanusiaan, dosa dan penindasan. Gereja berpihak kepada kebenaran, keadilan dan kejujuran. Gereja ditugasi membawa Kasih Allah kepada semua manusia yang lapar, yang haus, yang menderita, yang susah, yang terpenjara, yang tertawan dan berpenyakitan. Kepada mereka itu Gereja diutus. Misi Gereja untuk menyelamatkan semua manusia supaya yang tinggi hati menjadi rendah hati, yang sombong menjadi tahu diri, yang biadab menjadi berabad, yang pembunuh menjadi pengasih sesamanya. Itulah Misi Gereja dalam dunia ini! MENEBAR KASIH KEPADA SEMUA YANG MEMBUTUHKA!

  • J.H. Werinussa - 4 years ago

    Saudara, mungkinkah anda adalah seorang yang amat pintar, tapi jauh sebelum kita masuk menjelaskan beberapa hal penting, maka terdahulu beta mau tanya kepada anda sebagai orang pintar di Indonesia. Begini, "apa sesungguhnya itu separatis atau makar?" anda menggunakan ukuran apa untuk menyebut Perjuangan Bangsa Papua Barat itu separatis dan makar? Itu pertama. Kedua, Tidakah anda tau baik secara hukum maupun peraturan ketatanegaraan, Indonesia alias NKRI itu benar benar adalah negara palsu, ilegal dan inconstitution-al? Tidakah anda tau tentang hal ini? Atas dasar apakah, sampai adanya INDONESIA diatas muka bumi ini? ke3, tidakah anda tau bahwa, TRIKORA itu adalah suatu fakta Kejahatan Perang dan Penjahat Perang yang bertentangan dengan semua ketentuan hukum International dan terlebih lagi Hasil hasil KMB dan Rancangan Konstitusi RIS 1949? Untuk itu, tidaklah mengapa kalau memangnya Para Pejuang OPM terpaksa ada yang turun dan bergabung dengan masyarakat, adalah sungguh itu hak mereka untuk memilih jalan hidup masing masing. Tetapi kebenaran dan keadilan berdasarkan semua ketentuan hukum Internationa, Indonesia alias NKRI, benar benar adalah negara palsu, ilegal dan inconstitution. Tidak ada satu ketentuan pada Indonesia itu, bisa digunakan untuk menjadikan Indonesia itu negara merdeka dan berdaulat yang wilayahnya mencakup Papua barat dan RMS. Semua itu adalah termasuk dalam "Persekongkolan Kejahatan Berat International" atau COMPLOT-THEORIE dan Vriendjes Politiek. Ini adalah sedikit gambaran awal untuk mengenal apa sesungguhnya itu Indonesia, negara merdeka atau negara palsu, ilegal dan inconstitution? jadi pemerintah Indonesia tidak bisa bertepuk dada bahwa, 100 anggota OPM itu telah kembali kepada Indonesia, itu nonsen. Karena Indonesia itu sendiri berstatus palsu, ilegal dan inconstitution. Jadi bagaiamanapun, Papua Barat bukanlah bahagian dari Indonesia alias NKRI itu. Dari BPPKRMS dan terimalah salam kebangsaan kami "Mena Muria"

  • alen - 4 years ago

    siapa yang separatis ditanah papua dulu

  • anzlo - 4 years ago

    susan You harus paham......orang papua punya status yang jelas ,,, kita tidak memiliki budah wayang dan kerajaan sultan2 seperti orang jawa dan sekitarnya, jadi orang papua memiliki status jelas sebagai orang kulit hitan rambut keriting dan memiliki wilah yang luas untuk sebuah negara..

  • anzlo - 4 years ago

    Anda harus tau dulu apa itu separatis dan apa itu organisasi.... di papua tidak pernah ada separatis yang ada hanya sebuah organisasi yang bertujuan mengangkat hak-hak orang papua dari penindasa di tanahnya sendiri..... jadi gereja pun dapat mendukung karena berbicara tentang kebenaran pada umatnya. kalau separatis,, pasti mereka yg hanya sekedar melampiskan emosinya kepada orang yg tak berdosa dengan membunuh ya...mana mungkin Gereja mau mendukung.. pikir yang logis lah... kalian indonesia seharus mengerti bahasa dgn baik....

  • anzlo - 4 years ago

    Indonesia tdk pernah memberikan pendidikan di negri papua saat orang papua masih jadi tarzan,,,, yang membuka mata orang papua dengan pendidikan adalah pihak misi Gereja..dengan sekolah sekolah yayasannya yg sampai saat ini masih beroperasi....jadi Pemerintah Indo tdk buat apa2 untuk orang papua malah mencuri hasil kekayaan dari papua untuk membangun jawa jakarta jadi jgn sokkk lah kalian yang tdk sebangsa dgn kami..... dunia tau bahwa Indo tidak pernah kasih makan orang papua tetapi justru sebaliknya orang papua yang kasih makan Indonesia..

  • Socratez Sofyan Yoman - 4 years ago

    Gereja bukan mendukung separatisme atau Papua merdeka. Gereja itu memegang dan menyampaikan nilai-nilai universal. Gereja tidak mempunyai ide Papua merdeka atau separtisme. Tetapi, Gereja menjadi penyabung lidah TUHAN dan juga menjadi penyambung lidah umat TUHAN yang diindas, dianiaya, ditangkap, dibunuh, ditangkap, dipenjarakan atas nama keamanan nasional. Gereja tidak boleh berada di wilayah abu-abu atau netral. Gereja harus berpihak pada umat Tuhan yang ditindas. Gereja ada karena umat Tuhan. Gereja yang memegang nilai kebenaran, kasih, kejujuran harus menyampaikan pergumulan atau perjuangan umat Tuhan untuk merdeka atau tidak merdeka. Gereja bukan mendukung separatisme tapi Gereja menghargai dan mendukung martabat dan hak asasi manusia. Karena Gereja tidak berada di bawah kekuasaan pemerintah duniawi tetapi Gereja memegang nilai-nilai ilahi. Gereja tidak bisa tunduk pada aturan atau undang-undang buatan tangan manusia. Gereja berdiri atas dasar kuasa ALLAH, INJIL dan ALKITAB.

  • susan - 4 years ago

    kalian mengaku punya agama ............... punya tuhan ................. harusnya kalian yang mengaku punya agama pengurus gereja jangan kalian sok jadi pahlawan membantu yang tidak jelas............
    pelajari lebih dalam kitab injil kalian baru kalian bisa komentar untuk bantu orang................... melakukan ibadah saja jarang sok bantu orang.......... indonesia ini dibangun oleh 9 orang daerah satu dari mereka itu adalah orang kalian kristen............... jadi jangan kalian kotori agama kalian oleh nafsu binal kalian ............... atau mungkin kalian mencari kesempatan untuk cari jabatan setelah papua merdeka......... goblok lah kalian

  • hengki - 4 years ago

    goblok aja ............ sudah di kasih makan selama ini eh........... minta merdeka..............
    sekarang kalian bisa pakai baju dari mana................ dulu kalian orang hutan sekarang sudah bisa baca tulis........ kalau dulu kalian masih jadi tarzan mana mungkin kalian dikenal di dunia kalau bukan karena Indonesia

  • mansipat - 4 years ago

    Gereja tidak boleh mendukung separatis karena gereja akan menjadikan umat Tuhan aman, hidup tenang dan beribadah dalam satu persekutuan dengan Tuhan. sebab gerakan separatis akan mengacaukan gereja yang hidup itu sendiri, lalu kepada siapa sesama kita yang diberitakan injil ? bukankah mereka yang beda budaya, ras yang di kumpulkan bersama kita menjadi satu umat. kalau gerakan Papua Merdeka okelah gereja bisa dukung. karena gerakan separatis belum tentu OPM.

  • mansipat - 4 years ago

    Gereja tidak boleh mendukung separatis karena gereja akan menjadikan umat Tuhan aman, hidup tenang dan beribadah dalam satu persekutuan dengan Tuhan. sebab gerakan separatis akan mengacaukan gereja yang hidup itu sendiri, lalu kepada siapa sesama kita yang diberitakan injil ? bukankah mereka yang beda budaya, ras yang di kumpulkan bersama kita menjadi satu umat. kalau gerakan Papua Merdeka okelah gereja bisa dukung. karena gerakan separatis belum tentu OPM.

  • evita basikbasik - 4 years ago

    gereja berkarya di tengah umat dan bermitra dengan semua pihak. Namun gereja juga menghormati "mana hak kaisar, dan mana hak Tuhan".

  • Pemuda Papua - 5 years ago

    Gereja sebagai Organisasi kemanusiaan, maka Gereja Harus Dukung Kemerdekaan Papua, karena kemerdekaan adalah hak segala bangsa termasuk Umat Tuhan.
    Misi terpenting dalam Gereja adalah Misi Kemanusiaan, Gereja harus menyuarkan kebenaran dan keadilan bagi Umatnya.,....

  • BernadusTingge - 5 years ago

    Posisi Gereja di Papua atau dimana saja TIDAK dalam posisi mendukung ataupun sebaliknya dalam gerakan penentuan nasib sendiri suatu gerakan politik, Gereja ada hanya untuk membela orang-orang yang lemah, individu-individu yang hak hidupnya dirampas oleh orang lain. Dalam hal ini gereja di Papua tentu tidak akan tinggal diam sementara umat-nya (Orang Papua) dianiaya,dibunuh,kekayaan alamnya dirampok, transmigrasi besar-besaran,
    dirampas hak hidupnya oleh orang lain atas nama nasionalisme Indonesia. Ini yang selalu disuarakan oleh pemimpin gereja, seperti di Timor Leste oleh Uskup Bello pun demikian adanya.

  • bennyGobay - 5 years ago

    Ya boleh biar kuasa tuhan bisa bekerja sama dengan org papua

Leave a Comment

0/4000 chars


Submit Comment